Analisa Content Marketing Terhadap Brand Awareness Perusahaan Rintisan Agrikultur EraTani Indonesia
Keywords:
EraTani Indonesia, Content Marketing, Brand AwarenessAbstract
Penelitian ini, yang merupakan sebuah studi awal, memiliki tujuan yaitu untuk mempelajari proses content marketing, yang dibuat oleh tim media sosial EraTani Indonesia, untuk membangun brand awareness mereka dari unaware menjadi brand recoginition sebagai jangka pendek. Penelitian ini, yang dilakukan secara kualitatif, menggunakan metode wawancara semi-terstruktur (dengan manajer media sosial EraTani Indonesia, observasi langsung, dan studi literatur. Penelitian ini juga menggunakan indikator content marketing, yang dikutip dari Patricia Milhinhos, dan indikator brand awareness, dari David Aaker. EraTani Indonesia menerapkan sejumlah prinsip agar content marketing yang dijalankan berhasil dan mengevaluasi brand awareness ke target audiens mereka, yaitu petani, netizen, bahkan investor.
Downloads
References
Hootsuite & We Are Social. (2021). Digital 2021: Indonesia.
H. Mavilinda, A. Nazaruddin, N. Nofiawaty, L. Siregar, I. Andriana, K.
Thamrin, (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi
Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New
Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services. Vol 2 (1).
pp. 17-28.
Dessy Yunita, A. Widad, Y. M. Diah, & Wita F. (2021). Pembuatan Content
Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku
Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya
Community Services. Vol 2 (2). pp. 89-96.
Angga Febrian, Satria Bangsawan, Mahrinasari M. S., Ayi Ahadiat. (2021).
Digital Content Marketing Strategy in Increasing Customer Engagement in
Covid-19 Situation. International Journal of Pharmaceutical Research.
Vol. 13 (1). pp. 4797-4805.
Qayyum Deyatari Pangestu & Didiek Tranggono. (2022). Pengaruh Content
Marketing Instagram Terhadap Brand Image Disney+Hotstar Di Masa
Pandemi Covid-19. JURNAL SIGNAL. Vol 10 (1). pp. 124-138.
Ali Wardana, Sulhaini, & Baiq Handayani Rinuastuti. (2022). The Effect of
Content Marketing on Intention in Purchasing Fast Food: Mediated by
Hygiene and Moderated by Health Risk Perceptions: Covid-19.
International Journal of Social Science Research & Review. Vol 5 (3). pp.
-187.
Andi Warnaen, Juli M. Solichah, & Hamanik Prasetyo. (2023). Content
Marketing Instagram untuk Membangun Brand Awareness Produk Susu.
Agritech: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian. Vol 25 (1). pp. 17-27.
Monica Dwi Saputri, Rudy P. Tobing, & Nike Larasati. (2022). Pengaruh
Message Content, Visual Design, dan Posting Time Terhadap Brand
Awareness Startup Agrikultur, Studi Kasus: Content Marketing dari
Instagram Startup Agrikultur (TaniHub, Sayurbox, Segari). Jurnal
Ekonomika dan Bisnis. Vol 9 (2). pp. 159-173.
Raditya Almuricha & Rendra Chaerudin. (2022). Instagram Content
Influence on Agri-Cultured Brand Awareness: The Mediation of Green
Brand Image. International Journal of Business & Technology
Management. Vol 4 (3). pp. 274-280.
Rishona Hanael Tauran, Dwi Retno Andriani, Agustina Shinta Hartati,
Wahyuningtyas, & Riyanti Isaskar. (2022). The Effect of Social Media
Marketing on The Purchase Decision of Kooka Coffee Products Using
Brand Image As A Mediation Variable. Agricultural Socio-Economics
Journal. Vol. 22 (3). pp. 223-232.
Firda Indriyani & Irfan Ardiansah. (2022). Analisis Strategi Pemasaran
Media Sosial Galunggung Farm Menggunakan Metode PRACE. Forum
Agribisnis (Agribusiness Forum). Vol 12 (1). pp. 50-59.
Nensy Yohana Natalia Pasaribu & Hadiyanto. (2020). Efektivitas
Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk Pertanian Buah
(Kasus: Instagram Tani Hub Indonesia, Pasar Minggu, Jakarta Selatan).
Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (JSKPM). Vol. 4
(6). pp. 866-879.
Purna Virji. (2023). High-Impact Content Marketing: Strategies to Make
Your Content Intentional, Engaging, and Effective. United Kingdom: Kogan
Page.
David A. Aaker. (2020). Brand Portfolio Strategy: Creating Relevance,
Differentiation, Energy, Leverage, and Clarity. New York: Free Press.
David A. Aaker. (2011). Brand Relevance: Making Competitors Irrelevant.
Boston: Jossey-Bass.
Sari Wahyuni. (2023). Riset Kualitatif: Strategi dan Contoh Praktis.
Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Patricia Milhinhos. (2015). The Impact of Content Marketing on Attitudes
and Purchase Intentions of Online Shoppers: The Case of Videos &
Tutorials and User-Generated Contents. Master’s Thesis. Rio de Jainero:
Escola Brasileira de Administracao Publica e de Empresas.
D. Aaker. (1996). Measuring Brand Equity Across Products and Markets.
California Management Review. Vol. 38, pp. 114-115
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfonsius Billy Joe Haslim (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.