Analisa Content Marketing Terhadap Brand Awareness Perusahaan Rintisan Agrikultur EraTani Indonesia

Authors

  • Alfonsius Billy Joe Haslim Universitas Atmajaya Jakarta, Jl. Jend. Sudirman No.51 5, RT.004/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930 Author

Keywords:

EraTani Indonesia, Content Marketing, Brand Awareness

Abstract

Penelitian ini, yang merupakan sebuah studi awal, memiliki tujuan yaitu untuk mempelajari proses content marketing, yang dibuat oleh tim media sosial EraTani Indonesia, untuk membangun brand awareness mereka dari unaware menjadi brand recoginition sebagai jangka pendek. Penelitian ini, yang dilakukan secara kualitatif, menggunakan metode wawancara semi-terstruktur (dengan manajer media sosial EraTani Indonesia, observasi langsung, dan studi literatur. Penelitian ini juga menggunakan indikator content marketing, yang dikutip dari Patricia Milhinhos, dan indikator brand awareness, dari David Aaker. EraTani Indonesia menerapkan sejumlah prinsip agar content marketing yang dijalankan berhasil dan mengevaluasi brand awareness ke target audiens mereka, yaitu petani, netizen, bahkan investor. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hootsuite & We Are Social. (2021). Digital 2021: Indonesia.

H. Mavilinda, A. Nazaruddin, N. Nofiawaty, L. Siregar, I. Andriana, K.

Thamrin, (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi

Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New

Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services. Vol 2 (1).

pp. 17-28.

Dessy Yunita, A. Widad, Y. M. Diah, & Wita F. (2021). Pembuatan Content

Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku

Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya

Community Services. Vol 2 (2). pp. 89-96.

Angga Febrian, Satria Bangsawan, Mahrinasari M. S., Ayi Ahadiat. (2021).

Digital Content Marketing Strategy in Increasing Customer Engagement in

Covid-19 Situation. International Journal of Pharmaceutical Research.

Vol. 13 (1). pp. 4797-4805.

Qayyum Deyatari Pangestu & Didiek Tranggono. (2022). Pengaruh Content

Marketing Instagram Terhadap Brand Image Disney+Hotstar Di Masa

Pandemi Covid-19. JURNAL SIGNAL. Vol 10 (1). pp. 124-138.

Ali Wardana, Sulhaini, & Baiq Handayani Rinuastuti. (2022). The Effect of

Content Marketing on Intention in Purchasing Fast Food: Mediated by

Hygiene and Moderated by Health Risk Perceptions: Covid-19.

International Journal of Social Science Research & Review. Vol 5 (3). pp.

-187.

Andi Warnaen, Juli M. Solichah, & Hamanik Prasetyo. (2023). Content

Marketing Instagram untuk Membangun Brand Awareness Produk Susu.

Agritech: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian. Vol 25 (1). pp. 17-27.

Monica Dwi Saputri, Rudy P. Tobing, & Nike Larasati. (2022). Pengaruh

Message Content, Visual Design, dan Posting Time Terhadap Brand

Awareness Startup Agrikultur, Studi Kasus: Content Marketing dari

Instagram Startup Agrikultur (TaniHub, Sayurbox, Segari). Jurnal

Ekonomika dan Bisnis. Vol 9 (2). pp. 159-173.

Raditya Almuricha & Rendra Chaerudin. (2022). Instagram Content

Influence on Agri-Cultured Brand Awareness: The Mediation of Green

Brand Image. International Journal of Business & Technology

Management. Vol 4 (3). pp. 274-280.

Rishona Hanael Tauran, Dwi Retno Andriani, Agustina Shinta Hartati,

Wahyuningtyas, & Riyanti Isaskar. (2022). The Effect of Social Media

Marketing on The Purchase Decision of Kooka Coffee Products Using

Brand Image As A Mediation Variable. Agricultural Socio-Economics

Journal. Vol. 22 (3). pp. 223-232.

Firda Indriyani & Irfan Ardiansah. (2022). Analisis Strategi Pemasaran

Media Sosial Galunggung Farm Menggunakan Metode PRACE. Forum

Agribisnis (Agribusiness Forum). Vol 12 (1). pp. 50-59.

Nensy Yohana Natalia Pasaribu & Hadiyanto. (2020). Efektivitas

Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk Pertanian Buah

(Kasus: Instagram Tani Hub Indonesia, Pasar Minggu, Jakarta Selatan).

Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (JSKPM). Vol. 4

(6). pp. 866-879.

Purna Virji. (2023). High-Impact Content Marketing: Strategies to Make

Your Content Intentional, Engaging, and Effective. United Kingdom: Kogan

Page.

David A. Aaker. (2020). Brand Portfolio Strategy: Creating Relevance,

Differentiation, Energy, Leverage, and Clarity. New York: Free Press.

David A. Aaker. (2011). Brand Relevance: Making Competitors Irrelevant.

Boston: Jossey-Bass.

Sari Wahyuni. (2023). Riset Kualitatif: Strategi dan Contoh Praktis.

Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Patricia Milhinhos. (2015). The Impact of Content Marketing on Attitudes

and Purchase Intentions of Online Shoppers: The Case of Videos &

Tutorials and User-Generated Contents. Master’s Thesis. Rio de Jainero:

Escola Brasileira de Administracao Publica e de Empresas.

D. Aaker. (1996). Measuring Brand Equity Across Products and Markets.

California Management Review. Vol. 38, pp. 114-115

Downloads

Published

05/30/2024

How to Cite

Analisa Content Marketing Terhadap Brand Awareness Perusahaan Rintisan Agrikultur EraTani Indonesia. (2024). PROSIDING PMIDCC (The Prasetiya Mulya International Doctoral Colloqium and Conference), 1(1), 1-1. https://proceeding.prasetiyamulya.ac.id/proceeding/index.php/PMIDC/article/view/14